Presiden Tekankan Pembangunan SDM dan Pelestarian Budaya di IKN Agar Didahulukan

Jakarta (kilnas.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) dibandingkan pembangunan fisik berupa bangun pada Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mulanya Jokowi bercerita bahwa dirinya sering mengunjungi IKN selama tiga bulan terakhir. Hal itu dilakukannya untuk melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking beberapa bangunan seperti hotel, mal hingga rumah sakit.

“Sudah tiga bulan ini saya sering datang ke ibu kota Nusantara untuk melakukan peletakan batu pertama dan sampai saat ini telah proses dibangun ada 5 hotel besar di Ibu Kota Nusantara, ada 4 rumah sakit juga dalam proses konstruksi, ada juga sekolah yang bertaraf internasional yang juga dalam proses dibangun di Ibu Kota Nusantara, ada juga training centernya PSSI yang memiliki 8 lapangan bola di ibukota Nusantara, ada juga dua mal besar yang dibangun di ibu kota Nusantara,” kata Jokowi dalam sambutannya pada acara Festival Harmoni Nusantara di Kawasan IKN, Jumat (3/10/2023).

Meski telah dimulai pembangunan, Jokowi berharap agar pembangunan SDM didahulukan. Selain SDM, pelestarian budaya dalam negeri juga menjadi sangat penting agar tidak tergerus dari luar.

“Tapi itu semuanya fisik, itu semuanya fisik, padahal mestinya yang didahulukan adalah pembangunan sumber daya manusia, pelestarian kebudayaan, merawat kebudayaan yang ada jangan sampai nanti tergerus oleh budaya-budaya dari luar, budaya-budaya asing,” kata Jokowi.

Dirinya pun mengapresiasi penyelenggaraan Festival Harmoni Nusantara di Kawasan IKN. Dirinya berharap masyarakat dapat selalu mengingat budaya di daerahnya karena bisa menjadi kekuatan dan karakter bangsa Indonesia.

“Oleh sebab itu saya menghargai pada pagi hari ini di kecamatan Sepaku dilaksanakan festival Harmoni Budaya Nusantara untuk mengingatkan kita bahwa seni budaya kita, budaya Indonesia itu sangat beragam, sangat majemuk. Sukunya saja kita memiliki 714. Artinya kekuatan, karakter, budaya sangat harus dilestarikan dan harus kita rawat,” ungkapnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here