Duh ! Stok Vaksin Covid-19 di Kendal Habis

LensaWarna.TV KENDAL – Gempuran Vaksinasi Covid 19 membuat stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Kendal pada, Jumat (23/7/2021) habis. 6.000 dosis vaksin terakhir yang diterima dari provinsi yang dihabiskan dalam 3 hari melalui 5 sentra vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, dari 6.000 dosis vaksin yang diterima, sudah terpakai secara bertahap untuk percepatan vaksinasi. Sisanya, 1.500 dosis dipakai pada hari ini di Stadion Kendal, aula Kecamatan Kaliwungu, Kolam Renang Boja, Curug Sewu, dan aula Kecamatan Weleri.

“Saat ini, stok vaksin kita habis. Kemarin masih 3.900-an dosis habis dalam dua hari,” ujar Feri.
Untuk mengatasi itu, Dinas Kesehatan sudah melayangkan surat permohonan tambahan vaksin ke provinsi yang masih memiliki cadangan vaksin. Dengan harapan, tambahan alokasi vaksin bisa segera sampai di Kendal untuk meneruskan percepatan vaksinasi di kalangan masyarakat umum.

“Kita sudah ajukan surat ke provinsi untuk minta vaksin. Mereka punya stok sekitar 3.000 vial, kita minta bisa gak. Kita harap ini bisa segera datang,” ujarnya.

Ferinando menerangkan, jika tak ada alokasi tambahan vaksin, proses vaksinasi yang digalakkan Pemerintah Kendal terpaksa harus dihentikan sementara. Dengan itu, Pemkab Kendal hanya mengandalkan stok vaksin dari TNI Polri yang masih memiliki persediaan.

“Yang kita ajukan ke provinsi total 5.000 dosis dikalikan 7 hari. Dengan harapan bisa kita amankan untuk 1 pekan ke depan,” tuturnya.
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menerangkan, sampai saat ini sebanyak 160 ribu warga Kendal sudah divaksin. Rinciannya, 101 ribu mendapatkan vaksinasi dosis pertama, sisanya sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.

“Kita terus percepat vaksinasi di 5 centra vaksin, rata-rata bisa menyerap 5.000 dosis per harinya. Kita kejar-kejaran, karena stok vaksin dari pusat belum cepat, namun kita terus jalin komunikasi,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here