Perbasi Kota Semarang Diminta Fokus Pembinaan Kelompok Umur untuk Kembalikan Emas PON untuk Jateng

SEMARANG (kilnas.com) – Pengurus Pengkot Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia(Perbasi) Semarang fokus melakukan pembinaan pembinaan kelompok umur.

Hal ini sebagai bentuk regenerasi pemain di Ibu Kota Jateng. Selain itu, juga untuk mempersiapkan diri menghadapi babak kualifikasi dan Porprov XVII Jateng 2026 mendatang.

”Sekarang ini kami akan mendorong pembinaan pemain pada kelompok umur dan senior. Semua level pembinaan akan kami seimbangkan. Ini sangat penting, agar tidak ada jenjang antarpemain. Kota Semarang ini menjadi salah satu sentra pembinaan dan kekuatan bola bakset di Jawa Tengah,” tutur Ketua Umum Pengkot Perbasi Semarang Nelwan Hendarto saat pelantikan pengurus di Sahabat Arena Semarang, Minggu (13/10) malam.

Saat Porprov XVI lalu, cabang bola basket meraih tiga emas dan satu perunggu. Target Perbasi, kata Nelwan, meningkatkan level medali.

”Ini butuh persiapan jangka panjang. Karena itu, kami melakukan pembinaan untuk kelompok umur mulai SD, SMP, SMA, dan ada kejuaraan antar klub,” tandas pria yang juga pengusaha tersebut.

Pelantikan Pengkot Perbasi Kota Semarang untuk periode 2024-2028 dilakukan oleh Ketua Umum Pengprov Perbasi Jateng Bambang Wuragil dan juga dihadiri oleh Sekum KONI Kota Semarang Teguh Setyono.

Bambang Wuragil berharap pengurusan baru Perbasi Kota Semarang dapat memberikan prestasi untuk dunia basket Jawa Tengah. Selain itu Perbasi Kota Semarang bisa memberikan kontribusi pemain untuk tim PON mendatang.

”Sebelum ajang PON Papua, basket Jawa Tengah bisa memberikan medali emas. Kami berharap pada PON mendatang, Perbasi Kota Semarang bisa menyumbangkan pemain pemain untuk tim Jateng. Dan juga basket Jawa Tengah bisa lebih berprestasi,” kata Bambang Wuragil

Sedangkan Sekum KONI Kota Semarang Teguh Setyono mendorong Perbasi Kota Semarang harus segera tancap gas untuk persiapan jelang Pra Porprov tahun depan.

“Basket menjadi salah satu olahraga besar selain olahraga lainnya di Semarang. Kami harapkan Perbasi Kota Semarang segera mempersiapkan untuk Pra Porprov 2025,” kata Teguh.

KONI Kota Semarang, kata dia, berusaha semaksimal mungkin mendukung pembinaan cabang olah raga.
”Sekarang ini, level atlet/pemain Kota Semarang sudah pada level nasional. Pada PON XXI Aceh-Sumut lalu, 133 atlet/pemain memperkuat Jawa Tengah,” pungkasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini