Keren! 72.208 Orang Berkunjung ke Perpusda Kendal Selama 4 Bulan Beroperasi, Per Hari 600 an Pengunjung

Kendal (kilnas.com) – Baru empat bulan beroperasi, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kendal telah dikunjungi sebanyak 72.208 orang sejak dibuka September 2023 lalu.

Animo pengunjung di Perpusda Kendal terlihat cukup baik saat di bulan September lalu, yakni mencapai 17.389 orang. Lalu di bulan Oktober sebanyak 16.864 pengunjung dan bulan November 18.791 pengunjung serta bulan Desember mencapai 19.164 pengunjung.

“Rata-rata per hari ada 600-an orang yang berkunjung ke Perpusda Kendal,” kata Wahyu Yusuf Akhmadi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kendal saat dihubungi via telepon selulernya, Selasa (16/1/2024).

Menurutnya, minat warga Kendal berkunjung ke Perpusda karena banyak kegiatan dan inovasi. Termasuk kolaborasi Dinarpus Kendal bersama OPD, para seniman dan aktivis lainnya. Hal itu turut menjadi tantangan agar angka kunjungan ke perpustakaan termegah ini bisa meningkat.

“Jadi melalui kolaborasi itu akan kami tuangkan ke nota kerja sama di tahun 2024 ini. Tentunya yang berkaitan dengan literasi,” tuturnya.

Tak hanya itu, daya tarik lain dari Perpusda Kendal berupa pemutaran film setiap weekend. Hal itu termasuk efektif untuk menggaet pengunjung dari kalangan pelajar maupun warga lokal. “Setiap weekend ada pemutaran film di ruang audiovisual. Dan filmnya selalu berbeda-beda,” kata Wahyu.

Tahun ini pihaknya akan fokus dalam peningkatan literasi di Kabupaten Kendal dengan menggandeng sekolah hingga pemerintah desa untuk menyukseskan program ini. Saat ini, ada 30 perpustakaan desa yang aktif beroperasi di Kendal.

“Makanya kami mendorong bersama Dispermasdes agar Perpusdes ini berfungsi di setiap desa,” imbuhnya.

Banyaknya fasilitas di Perpusda Kendal membuat nyaman dan betah para pengunjung untuk memanfaatkan kesempatan itu. Diantaranya sebagai tempat bersantai dan untuk mencari referensi bacaan maupun tugas.

“Tempatnya asyik dan modern. Saya sudah biasa ke sini untuk cari referensi bacaan buat skripsi saya,” ucap Endang salah satu pengunjung di Perpusda Kendal. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini