Jangan Pandang Sebelah Mata! Berikut Tips Menjaga Stamina dan Kesehatan Tubuh Lewat Secangkir Kopi

Semarang (kilnas.com) – Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan terutama lemahnya sistem dan kekebalan tubuh.

Salah satu sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap prima, yakni kopi. Selain memiliki kandungan kafein yang punya sederet manfaat untuk kesehatan, kopi juga menyimpan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, efek dari mengonsumsi kopi bukan hanya mengurangi atau menghilangkan rasa kantuk, namun juga dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka waktu yang singkat setelah minum kopi.

Menurut Kemenkes, review dari 34 studi menunjukkan konsumsi kafein sebanyak 200-300 mg dari kopi (atau sekitar 2 cangkir kopi) meningkatkan rata-rata tekanan darah sistolik sebesar 8 mmHg dan diastolik sebesar 6 mmHg.

“Peningkatan tekanan darah terjadi hingga 3 jam setelah konsumsi kopi baik pada orang dengan tekanan darah normal maupun dengan hipertensi/tekanan darah tinggi sebelumnya,” tulis Kemenkes.

Selain itu, sumber yang sama menyatakan bahwa penelitian menunjukkan jika penderita hipertensi masih dapat menikmati kopi setiap hari, karena tidak ditemukan efek signifikan terhadap tekanan darah maupun kesehatan jantung.

Sementara, konsumsi kopi sebanyak 3 sampai 5 cangkir sehari pada orang sehat terkait pada penurunan risiko sakit jantung sebesar 15 persen. Pasalnya, kopi memiliki efek antioksidan, serta dapat mengurangi stress oksidatif.

Hal itu juga sejalan dengan pendapat peneliti bahwa kopi yang dikonsumsi rutin memberi manfaat kesehatan lebih besar daripada efek samping.

Manfaat Minum Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di dunia. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat minum kopi:

  1. Meningkatkan Energi dan Kewaspadaan

Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan yang dapat membantu meningkatkan energi dan kewaspadaan. Kafein bekerja dengan cara memblokir neurotransmitter adenosin yang membuat otak merasa lelah.

  1. Meningkatkan Daya Ingat dan Fokus

Kopi juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fokus. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan aktivitas otak di area yang terkait dengan memori dan perhatian.

  1. Meningkatkan Kinerja

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan adrenalin, energi, dan stamina. Sehingga mengkonsumsi kopi dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar menjadi lebih bugar.

  1. Melindungi dari Depresi

Dengan kandungan kafein di dalamnya, mengkonsumsi kopi dapat mencegah seseorang dari depresi. Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami depresi.

  1. Meningkatkan Mood

Kafein yang terkandung dalam kopi bukan hanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Mengkonsumsi kopi dapat merangsang pelepasan serotonin dan dopamin, yang salah satunya bisa meningkatkan suasana hati.

Lengkapi Kebutuhan Vitamin dengan Kopi

Dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnya, maka kopi menjadi salah satu suplemen terbaik untuk menjaga energi selama beraktivitas. Karenanya mengonsumsi kopi menjadi solusi bagi orang-orang yang bosan, sering lupa atau tidak terbiasa minum suplemen dalam bentuk kapsul atau tablet. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here