Nataru : 15.250 Personel Gabungan Disebar di 278 Pos di wilayah Jateng

Semarang (kilnas.com) – Hari ini, Operasi Lilin Candi 2023-2024 resmi dimulai. Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi menyebut telah menyebar 15.250 personel gabungan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Sebanyak 15.250 TNI-Polri dan stakeholder lainnya kita kerahkan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru dari jumlah itu tersebar di masing-masing pospam, posyan, dan pos terpadu, jadi mulai pukul 00.00 WIB tadi malam itu pos-pos 278 pos sudah berdiri dan sudah diisi oleh anggota,” katanya usai apel gelar pasukan di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jumat (22/12/2023).

Pasukan itu nantinya akan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal dan lalu lintas bagi masyarakat yang memanfaatkan libur untuk mudik. Luthfi menyebut saat ini sudah mulai terlihat adanya peningkatan arus lalu lintas di jalan tol khususnya wilayah Jateng.

“Peningkatan arus dari Senin, Selasa, Rabu rata-rata per hari di Pos Kalikangkung itu 1.000 kendaraan naik jadi per hari ini sudah 26 ribu,” jelasnya.

Dia memprediksi puncak arus mudik Nataru tahun ini akan terjadi pada Sabtu (23/12). Diperkirakan ada 35 ribu kendaraan dari arah Jakarta yang masuk Jawa Tengah melalui tol saat puncak arus mudik tersebut.

“Estimasi puncaknya masuk Kalikangkung 35 ribu kendaraan. Artinya kalau dibandingkan tahun 2022 ada peningkatan 143 persen untuk masyarakat kita yang mudik di wilayah Jawa Tengah,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah menyediakan sejumlah pos pengamanan di jalan tol untuk mengantisipasi kemacetan. Nantinya, petugas juga akan dibekali drone untuk memantau kemacetan.

“Drone kita gunakan selama operasi Nataru tadi Pak Dirlantas sudah kita arahkan tidak hanya kita memantau bentuk pelanggaran tapi kita gunakan untuk urai jalur misalnya di bottleneck, kemudian blackspot mungkin ada kecelakaan dengan itu memudahkan anggota untuk memantau tidak hanya lewat HP,” ujarnya.

Selain itu akan ada juga petugas yang akan patroli di dalam jalan tol. Patroli juga akan bekerjasama dengan Pertamina untuk menjamin bahan bakar pengguna jalan.

“Kita siapkan quick respons patroli di masing-masing jalan jadi mulai dari Brebes sampai nanti keluar wilayah di kita, di perbatasan Jawa Timur termasuk kerjasama dengan Pertamina ada patroli mobiling terkait mobil listrik maupun kompresi berjalan,” pungkasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini